Pada saat kita memulai Excel, akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas data, atau menemukan informasi dalam file bantuan Excel. Pada dokumen kosong tersebut terdapat komponen yang harus diketahui. Berikut akan dibahas tentang Komponen-komponen Microsoft Excel 2007 yang dilengkapi dengan keterangan dan fungsinya.
Yuk langsung saja kita bahas. Perhatikan gambar di bawah ini....
1. Tombol Office (Office Button)
Merupakan pengganti menu File pada Microsoft excel versi sebelumnya. Tombol office berisi perintah-perintah standar untuk mengoperasikan file dokumen, seperti membuka,menyimpan, menutup, menutup dokumen, dan sebagainya.
2. Baris Tab (Tabs)
Merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian group yang memuat beberapa tobol perintah untuk mengoperasikan Microsoft Excel.
3. Group
Terletak di bawah Tab dan berisi sederetan tobol-tombol perintah dalam Microsoft Excel untuk menjalankan suatu proses tertentu dengan cara mengklik tombol-tombol perintah tersebut.
4. Quick Acces Toolbar
Tombol-tombol dalam toolbar ini memiliki keistimewaan khusus, yang terletak di bagian sudut kiri atas lembar kerja. Tombol-tombol perintah dalam Quick Acces Toolbar dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, terutama beberapa tombol perintah yang sering digunakan.
5. Title Bar
Berisi teks Microsoft Excel atau nama workbook yang aktif.
6. Minimize Button
Berguna untuk mengubah bentuk window aktif menjadi sebuah ikon atau meminimalkan ukuran jendela lembar kerja Microsoft Excel.
7. Maximize Button
Berguna untuk memaksimalkan ukuran jendela lembar kerja Microsoft Excel.
Berguna untuk memaksimalkan ukuran jendela lembar kerja Microsoft Excel.
8. Restore Button
Berguna untuk mengembalikan besar layar pada kondisi terakhir yang sudah pernah ada sebelumnya.
9. Close
Berguna untuk menutup dokumen atau keluar dari Microsoft Excel.
10. Tombol Dialog (Dialog Box Launchers)
Terletak di bagian kanan nama group yang berguna untuk membuka kotak dialog dengan perintah-perintah yang lebih lengkap dan kompleks.
11. Tabulasi Sheet
Merupakan lembar kerja utama dari Microsoft Excel yang berfungsi untuk menampung seluruh data dan formula yang akan digunakan sebagai sumber data pembentuk table laporan.
12. Navigasi Sheet
Merupakan sederetan tobol perintah yang berfungsi untuk pindah antar sheet yang aktif.
13. Tombol Pengatur Tampilan Lembar Kerja
Berguna untuk mengatur tampilan dokumen dalam lembar kerja.
14. Zoom Level
Berguna untuk mengatur ukuran tampilan dokumen dalam lembar kerja.
15. Nama Box
Kotak yang berisi referensi sel yang sedang aktif.
16. Formula Bar
Berisi yang memuat isi sel yang sedang aktif.
17. Pointer (Active Cell)
Sel merupakan suatu bagian terkecil dari workbookyang dapat diisi dengan data (bias berupa angka,teks, atau formula/rumus). Sel yang aktif mempunyai border tag lebih tebal dari sel-sel lain. Sekumpulan sel yang bersebelahan disebut range.
18. Baris Penggulung Tegak (Vertikal scroll Bar)
Berfungsi untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
19. Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scroll Bar)
Berfungsi untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri.
20. Insert Worksheet
Berfungsi untuk menambah atau menyisip worksheet (lembar kerja ) baru.
Oke guys terimakasih telah membaca semoga bermanfaat......
SALAM,
Buana Putra Tech
No comments:
Post a Comment